SERTIFIKASI ADMINISTRASI PERKANTORAN BNSP

  • Sertifikasi BNSP

Pelatihan dan Sertifikasi Administrasi Perkantoran BNSP untuk SDM terbaik anda. Informasi selengkapnya silahkan hubungi 0812 2681 1987

Berbagai sektor bisnis memerlukan manajemen perkantoran yang efisien dalam menjalankan operasional bisnis dan memberikan layanan jasa. Peran penting dalam mendukung hal ini adalah posisi administrasi perkantoran. Tingkat kompleksitas suatu organisasi akan memengaruhi tingkat tanggung jawab dan peran yang diperlukan dalam pengelolaan administrasi perkantoran. Oleh karena itu, banyak organisasi berupaya meningkatkan kualitas dan kompetensi para profesional di bidang ini. Meskipun setiap perusahaan dan badan usaha milik negara (BUMN) memiliki pendekatan dan program yang berbeda, ada kebutuhan untuk menetapkan standar yang konsisten guna mengukur kompetensi administrasi perkantoran dengan baik. Program Sertifikasi Administrasi Perkantoran adalah inisiatif terstruktur dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi yang menjadi standar khusus untuk profesi administrasi perkantoran di Indonesia.

Profesi administrasi perkantoran memegang peran kunci dalam membangun organisasi yang beroperasi dengan efisiensi tinggi. Oleh karena itu, penting untuk memiliki personel yang terampil di bidang ini. Melalui program Pelatihan dan Sertifikasi Administrasi Perkantoran kami, kami bertujuan membantu organisasi Anda dalam mengoptimalkan potensi sumber daya manusia yang Anda miliki. Bahkan, kompetensi mereka akan diakui dan mereka akan mendapatkan sertifikat profesi yang sah. Seluruh proses ini melibatkan uji kompetensi yang diadakan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Sertifikasi kompetensi adalah proses pemberian sertifikat kompetensi secara sistematis dan objektif melalui uji kompetensi yang merujuk pada standar kompetensi kerja, baik yang bersifat nasional maupun internasional.

TUJUAN PELATIHAN DAN SERTIFIKASI ADMINISTRASI PERKANTORAN BNSP

  • Memiliki pemahaman tentang kemampuan kerja dalam sektor Layanan Administrasi Perkantoran/Kesekretarisan, sesuai dengan Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI No.: Kep. 195/Men/IV/2007 yang mengatur Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia untuk Sub Sektor Jasa Perusahaan di sektor Jasa Perusahaan Lainnya.
  • Mendapatkan pemahaman Standar Kompetensi seorang Office Administrative Assistants dan mampu menjalankan tugas-tugas yang sesuai dengan Unit Kompetensi yang telah ditetapkan.
  • Realisasinya, standar kompetensi kerja nasional di bidang Administrasi Perkantoran/Kesekretarisan diatur berdasarkan Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor: KEP – 227/MEN/2003 dan Nomor: KEP 69/MEN/V/2004. Hal ini dilakukan dengan berfokus pada kebutuhan sebenarnya dalam dunia industri.
  • Pemenuhan SKKNI Bidang Administrasi Perkantoran/Kesekretarisan yang selaras dan sesuai dengan praktik terbaik dalam Layanan Administrasi Perkantoran/Kesekretarisan dan peraturan serta undang-undang yang berlaku menjadi suatu keharusan.
-------------------------------------------------------------------------

Hubungi Kami via WhatsApp Untuk Konsultasi dan Informasi Program ini:

INFORMASI DAN PENDAFTARAN

HUBUNGI: FERDI

0812 2681 1987

(PHONE/SMS/WHATSAPP)


-------------------------------------------------------------------------------


MATERI PELATIHAN DAN SERTIFIKASI ADMINISTRASI PERKANTORAN BNSP


  1. Konsep SKKNI
  2. Kebutuhan Industri Terhadap Tenaga Kompeten
  3. Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI No. Kep. 183//2016 Tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Sektor Jasa Perusahaan Sub Sektor Jasa Perusahaan Lainnya
  4. Bidang Jasa Administrasi Perkantoran The Role of the Office Administrative
  5. Model Standar Kompetensi Okupasi Office Administrative
  6. Pendalaman Unit Kompetensi Okupasi Office Administrative:
  • N.821100.001.02 - Menangani Penerimaan/ Pengiriman Surat/ Dokumen
  • N.821100.004.02 - Memproduksi Dokumen
  • N.821100.029.02 - Melakukan Komunikasi melalui Telepon
  • N.821100.030.02 - Melakukan Komunikasi Lisan dengan Kolega/Pelanggan
  • N.821100.032.02 - Melakukan Komunikasi Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
  • N.821100.033.02 - Membaca dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
  • N.821100.053.02 - Memproduksi Dokumen di Komputer
  • N.821100.054.01 - Menggunakan Peralatan Komunikasi
  • N.821100.057.02 - Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak
  • N.821100.059.02 - Menggunakan Peralatan dan Sumberdaya Kerja
  • N.821100.067.01 - Melakukan Transaksi Perbankan Sederhana


METODE KEGIATAN PELATIHAN DAN SERTIFIKASI ADMINISTRASI PERKANTORAN BNSP


Pada tahap Pelatihan dan Uji Kompetensi Office Administrative, fokus kegiatan berpusat pada penggunaan metode pembelajaran berorientasi pada orang dewasa dengan pendekatan model pembelajaran yang melibatkan diskusi interaktif. Setelah peserta pelatihan menerima arahan dari Asesor yang ditunjuk oleh LSP, mereka akan menjalani Uji Kompetensi. Selanjutnya, peserta akan mengikuti ujian/evaluasi untuk memenuhi syarat dalam rangka mendapatkan sertifikasi.

INSTRUKTUR DAN TIM ASSESOR


Tenaga profesional yang berkecimpung aktif dalam Asosiasi Office Administrator akan menjadi instruktur dalam program sertifikasi ini. Mereka memiliki pengalaman yang luas dalam bidang kesekretariatan (office administrative) dan telah mendapatkan sertifikasi sebagai instruktur. Pada tahap evaluasi, Tim Asesor dari Lembaga Sertifikasi Profesi akan melakukan pengujian kompetensi peserta sertifikasi.

PERSYARATAN UMUM PESERTA


  • Maksimal 25 peserta untuk mengikuti satu batch Uji Kompetensi dengan profesi Front Office, Administrasi, sekretaris atau professional yang berpengalaman di bidang yang terkait (pembuktian dengan surat keterangan/rekomendasi)
  • Peserta secara teknis menguasai Bidang Administrasi Perkantoran dan sekretaris serta mempunyai pengalaman kerja di bidangnya minimal 3 tahun
  • Kami sangat merekomendasikan peserta membawa laptop

TEKNIS KEGIATAN

  • Training/refreshment : 2 hari pelaksanaan (08.00 – 17.00)
  • Uji Kompetensi/assessment : 1 hari pelaksanaan (08.00 – 17.00)

FASILITAS

  • Training Kit
  • Handout Pelatihan
  • Coffee Break + Lunch
  • Sertifikat kompetensi dari Lembaga Sertifikasi Profesi bagi asesi yang dinyatakan kompeten


-------------------------------------------------------------------------

Hubungi Kami via WhatsApp Untuk Konsultasi dan Informasi Program ini:

INFORMASI DAN PENDAFTARAN

HUBUNGI: FERDI

0812 2681 1987

(PHONE/SMS/WHATSAPP)


-------------------------------------------------------------------------------