Tempat Wisata Indonesia yang Mirip Luar Negeri

  • Dahlan Nawawi

Penasaran, ada atau tidak tempat wisata di Indonesia yang secara visua nampak mirip dengan tempat wisata luar negeri. Ternyata, setelah searching ke sana ke mari, dan menjajal sendiri beberapa lokasi di bawah ini, di saat-saat tertentu lokasi-lokasi ini nampak mirip dengan lokasi-lokasi tertentu di luar negeri.

Jadi, saya pikir-pikir, untuk memperoleh panorama indah nan bernuansa luar negeri, tak melulu kudu ke luar negeri kok. Indonesia sudah kaya dengan berbagai macam lokasi wisata yang keindahannya tak kalah menarik dengan keindahan objek wisata di luar negeri.
Berikut, tempat wisata yang kenampakan visualnya mirip dengan suasana di objek wisata tertentu di negara tertentu.
1. Pasar Apung di Banjarmasin Mirip dengan Floating Market di Thailand
Pasar Apung Banjarmasin. doc. Istimewa
Ingin merasakan belanja bahan makanan atau jajan di atas perahu sambil terapung-apung di atas permukaan air? Pasar Apung di Banjarmasin ternyata bisa memberikan sensasi menyenangkan belanja di atas permukaan air mirip dengan yang terjadi di Floating Market Thailand, Vietnam.
Banjarmasin, memiliki kawasan sungai besar yang dimanfaatkan sebagai pasar apung sejak berabad lamanya. Pasar apung tersebut lambat laun menjadi daya tarik wisata yang tinggi, setiap wisatawan asing yang lewat tak pernah meninggalkan tempat itu begitu saja. Minimal mereka akan memotret pasar apung yang dikelola oleh masyarakat setempat sebagai lokasi perputaran roda ekonomi para pedagang.
2 Gumuk Pasir Parangkusumo di Yogyakarta Mirip dengan Gurun Sahara, Afrika
Gumuk Pasir, Parangkusumo. doc. Istimewa
Pernah melihat video klip Agnes Monica yang berjudul “Godai Aku Lagi?”. Salah satu segmen video klip Agnes tersebut menunjukkan adegan menari, meloncat, berkejaran di area berpasir, nampak seperti gurun dalam sepintas lihat. Nah, lokasi tersebut sebenarnya berada di Gumuk Pasir Parangkusumo, Yogyakarta.
Gumuk tersebut, oleh banyak orang dikatakan mirip dengan Gurun Sahara, Afrika. Gumuk pasir tersebut terbentuk akibat letusan Gunung Merapi, bertahun-tahun silam. Selain itu, juga oleh ombak samudera, menyebabkan pasir menggunung di area itu. Tempias air samudera membuatnya membentuk bukit-bukit pasir yang sering dimanfaatkan untuk foto, membuat film, ataupun kreatifitas seni lainnya.
3. Taman Sakura Cibodas Indonesia Mirip dengan Suasana Bunga Sakura di Jepang
bunga Sakura. doc. Istimewa
Mencari taman bunga sakura di Indonesia ternyata tak sulit, Anda tinggal datang ke Taman Sakura di Cibodas, yang kata para wisatawan sangat mirip dengan Suasana Taman Bunga Sakura di Jepang. Cermati saja dengan sungguh-sungguh saat Anda datang berkunjung ke Taman Sakura Cibodas.
4. Sungai Maron, Pacitan vs Sungai Amazon, Brazil
Sungai Maron. doc. Istimewa
Tempat wisata Sungai Maron berada di Pacitan, Kecamatan Donorejo, Desa Maron. Sungai ini memiliki panjang kurang lebih 4 kilometer. Sebenarnya tak ada yang menjadikannya istimewa selain di sisi kanan kiri sungai tersebut Anda dapat menyaksikan sampan. Beberapa orang menyebut, sungai ini mirip dengan Sungai Amazon, Brazil selama beberapa waktu lalu.
Akhir-akhir ini Sungai Maron ramai diperbincangkan para wisatawan, termasuk banyak artis Ibukota yang sudah mencicipi Sungai Maron. Destinasi ini wajib dikunjungi bagi para penikmat tantangan serta keindahan alam. Sayangnya, akses menuju lokasi memang belum terperhatikan oleh pemerintah setempat, sehingga Anda butuh usaha cukup keras untuk mencapai lokasi. Nah, Sungai Maron bisa menjadi salah satu destinasi objek wisata alam Anda saat liburan.
5. Hutan Bambu Surabaya Mirip dengan Hutan Bambu Sagano, Jepang
Hutan Bambu. doc. Istimewa
Pernah terlintas ingin mencicipi berwisata di tengah hutan bambu? Tak perlu jauh-jauh sampai ke Hutan Bambu Sagano, Jepang. Di Indonesia, Anda bisa menikmati suasana yang sama dengan berkunjung ke Hutan Bambu Surabaya. Lokasi ini, selain sebagai lokasi relaksasi dari penatnya pekerjaan, sering pula dijadikan lokasi sesi foto prewedding.
Demikianlah lima objek wisata yang mirip dengan lima objek wisata lainnya di luar negeri. Semoga informasi tersebut bermanfaat sebagai referensi liburan Anda. Jika membutuhkan bantuan untuk berlibur, hubungi saja Naraya Tour.